Ingin Membuat Surat Lamaran Kerja? Hindari Kesalahan Tak Diduga yang Membuat Anda Ditolak – Saat anda ingin mendapatkan suatu pekerjaan, tentunya anda harus dihadapkan dalam mebuat suat lamaran kerja. Jadi tidak salah jika surat lamaran kerja merupakan unsur paling utama dalam kegiatan melamar pekerjaan. Untuk saat ini kebanyakan perusahaan ataupun pembuka lapangan pekerjaan lainnya mengharapkan pekerja yang memiliki kemampuan diatas rata-rata dan memiliki ilmu serta berkompeten. Maka perusahaan dan pembuka lapangan pekerja lainnya tidak akan sembarangan dalam menyeleksi calon pekerja untuk mereka.

Dalam persaingan ketat pada tahap penyeleksian hendaknya anda menyiapkan surat lamaran kerja yang sesuai syarat dan tidak lepas dari konteks yang diinginkan tempat anda ingin melamar kerja. Untuk itu anda harus mengetahui kesalahan tak diduga yang akan membuat anda ditolak dalam melamar kerja. Berikut kesalahan yang dirangkum saat membuat surat lamaran kerja.

1. Kesalahan menulis
Pada saat anda membuat surat lamaran kerja, hal yang perlu anda perhatikan adalah penulisan nama perusahaan, nama orang dan nama gelar. Usahakan anda menulis dengan benar karena jika anda salah menuliskan salah satu diantaranya maka anda telah masuk dalam kesalahan yang cukup fatal. Misalnya anda salah menuliskan gelar direktur dari perusahaan tersebut maka anda telah mengganti gelar seorang direktur dan tentunya surat lamaran kerja anda tidak akan diperhitungkan lagi.

2. Tidak mencantumkan posisi yang dikehendaki
Kesalahan tak diduga yang perlu anda hindari berikutnya adalah anda tidak mencantumkan posisi yang anda inginkan. Bayangkan saja jika perusahaan tersebut membaca surat lamaran anda kemudian mereka tidak menemukan posisi yang anda inginkan maka mereka akan merasa bingung anda akan melamar untuk jadi apa. Nah hal tersebut akan membuat penilaian terhadap anda dinyatakan kurang serius dalam melamar kerja diperusahaan mereka. Tidak heran jika anda akan ditolak untuk bekerja disana.

3. Persyaratan yang kurang
Saat anda melamar suatu pekerjaan hendaknya anda mengetahui persyaratan yang diinginkan perusahaan tersebut. Jangan sampai anda tidak melengkapi salah satu dari persyaratan yang diperlukan. Jika anda melakukan kesalahan tersebut maka penilaian anda akan berkurang dan bisa saja anda tidak akan diterima karena dianggap kurang serius untuk melamar kerja disana. Misalnya anda melupakan fotocopy KTP sedangkan setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tentunya melihat keaslian identitas anda dari KTP tersebut.

4. Lampiran secukupnya
Kesalahan yang tak pernah anda duga berikutnya adalah, terlalu banyak lampiran. Ya memang dalam melamar suatu kerja tentunya anda harus menarik dan terlihat sempurna agar patut diperhitungkan. Namun anda juga perlu mengetahui dalam bidang apa perusahaan tempat anda melamar dan posisi apa yang dibutuhkan mereka. Misalnya anda melampirkan piagam-piagam kejuaraan dibidang olahraga sedangkan perusahaan tersebut bergerak dibidang bisnis, maka piagam anda tersebut tidak akan masuk kriteria penilaian dan tentunya akan sia-sia saja anda melampirkannya.

5. Tidak sesuai pengalaman
Sebelum melamar kerja hendaknya anda memikirkan pengalaman anda sebelumnya, apakah sesuai atau tidak dengan pekerjaan yang akan anda lamar. Hal tersebut perlu di pertimbangkan karena pihak perusahaan akan membaca surat anda dan mereka menilai tidak adanya keseuaian dengan pengalaman yang anda miliki maka jangan heran anda akan ditolak.

Beberapa kesalahan tak diduga diatas yang harus kalian ketahui sebelum membuat surat lamaran kerja agar anda dengan mudah diterima saat melamar suatu pekerjaan yang anda inginkan.